Kamis, 08 Januari 2015

Pendahuluan



BAB I
PENDAHULUAN

1.1              Latar Belakang
Sistem Informasi adalah suatu sinergi antara data, mesin pengolah data (yang biasanya meliputi komputer, program aplikasi dan jaringan) dan manusia untuk menghasilkan informasi. Jadi sistem informasi bukan hanya aplikasi perangkat lunak. Sistem Informasi ada pada hampir setiap perusahaan atau instansi untuk mendukung kegiatan bisnis mereka sehari-hari. Biasanya porsi pengerjaan pengembangan sistem informasi diserahkan kepada orang-orang yang bekerja di bidang Teknologi Informasi.

Dalam membangun suatu sistem informasi (dalam hal ini lebih mengacu kepada pengertian aplikasi perangkat lunak) digunakan metode Siklus Hidup dan Pengembangan Sistem (System Development Life Cycle atau SDLC). SDLC terdiri dari sejumlah tahapan yang dilaksanakan secara berurutan. Secara umum tahapan dari SDLC adalah Perencanaan, analisis, rancangan, penerapan dan penggunaan. Namun pada prakteknya hal ini tidaklah selalu mulus untuk dilaksanakan. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan pengembangan sistem informasi. Terutama adalah pada faktor manusia yang terlibat. Dari pihak pengembang, kurangnya keahlian dan pengalaman bisa menyebabkan kesalahan dalam satu tahapan sehingga menyebabkan siklus ini harus diulangi dari tahapan 

yang salah. Bisa terjadi bahwa siklus ini dilakukan sampai berulang-ulang. Dari pihak pengguna, idealnya perlu bersama-sama dengan pihak pengembang untuk memahami sistem informasi mulai dari awal siklus hidup pengembangan sistem. Apabila perlu dilakukan revisi dan pengulangan tahapan siklus hidup pengembangan sistem.

1.2    Rumusan Masalah

1.    Menjelaskan mengenai perencanaan sebuah sistem aplikasi
2.    Menjelaskan mengenai perancangan sebuah sistem aplikasi
3.    Menjelaskan implementasi sebuah sistem aplikasi

1.3    Tujuan

1.    Sebagai tugas akhir mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer
2.    Hasil study selama semester 3 ini dalam mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer
3.    Untuk menjelaskan perencanaan, perancangan dan implementasi sebuah sistem aplikasi



 

0 komentar:

Posting Komentar

 
GOOGLE Blogger Template by Ipietoon Blogger Template